4/29/2017

Ranu Agung


Nah,, pada liburan kali ini saya berpetualang dengan anggota Neste ke daerah Probolinggo lebih tepatnya di daerah Ranu Agung. Pejalanannya cukup jauh dari Surabaya kira-kira 3 jam baru sampai di daerah Probolinggo Kota. Jika kalian pernah berwisata di Songa (Arung Jeram) kalian tidak susah menemukan tempat dimana kawasan Ranu Agung berada.



Kawasan wisata Ranu Agung ini terkenal dengan danaunya yang indah terletak di desa Ranu. Masyarakat disana mayoritas orang Madura orangnya disana cukup ramah kok. Namun ada hal-hal yang perlu kamu siapkan nih guys untuk berangkat kesana, berikut apa saja yang kamu perlu persiapkan :

1. Jaga Kesehatan
Memastikan keadaan dalam keadaan fit memang perlu apalagi jalan yang akan dituju adalah sempit dan medannya tanjakan berbatu, dan tidak diperuntukan bagi orang yang memaksakan kondisi fisik yang tidak fit. Usahakan istirahat dulu sebelum memasuki medan tanjakan yang berbatu tersebut.

2. Pastikan kemampuan kendaraan anda untuk kuat ditanjakan
Kebetulan saya dan teman-teman pada saat itu mengunakan alat transportasi sepeda motor, dimana salah satu dari teman kami mengalami masalah mengenai kendaraan yang tidak bisa nanjak. Hanya saja teman saya ini handal dalam mengendarai sepeda tersebut meski tertinggal di belakang.

3. Pastikan tas anda selalu dalam kondisi tertutup
Nah ini pengalaman pribadi saya, pada saat itu saya ingin berenang di danau tersebut. Namun saya lupa untuk menutup resliting tas saya yang saat itu berisi dompet, kunci, baju, dll. Saya baru sadar setelah saya mau pulang dan memeriksa bahwa kunci sepeda saya hilang, saat itu saya sangat panik. Bagaimana tidak Surabaya-Probolinggo. wow. Saya hanya bisa berharap bahwa kunci saya ketemu di perahu bambu yang saya naiki tadi, dan ternyata memang ada.

4. Biaya
Untuk biaya parkirnya sekitar Rp.2000. Sedangkan biaya untuk menaiki kapal dikenakan Rp.10000 @ tiap orang.

Ada beberapa kekurangan wisata di danau Ranu Agung tersebut, yakni :

1.  Alat pelampung yang bekas dan terbatas, dimana alat pelampung tersebut hanya tersedia itu-itu saja dan susah untuk menyesuaikan dengan size badan yang ada.
2. Tempat duduk perahu bambu tersebut hanya muat 6 orang sehingga untuk sisanya berdiri atau berenang di sekitar perahu.
3. Tidak ada penitipan tas ataupun baju disekitar danau.
4. Jarak antara danau dan parkiran cukup jauh dan menurun, dan ada beberapa titik yang licin untuk dipijak dikarenakan ada air terjun kecil disitu.

Semoga informasi bermanfaat bagi anda yang memang mau melakukan kunjungan wisata tersebut.

Selamat liburan..





Popular Posts