4/30/2017

I want, But I can't

Dalam suatu ilmu psikologis ada suatu alasan kenapa suatu perilaku tersebut terbentuk. Salah satunya adalah, kenapa teman anda diajak jalan-jalan atau pergi ke suatu tempat tidak mau?. Mungkin jarang sekali anda mempunyai teman seperti ini.

Seperti artikel yang dulu pernah saya tulis "Being Paranoid is Not Cool", bahwasannya orang takut berpergian itu tidak keren. Hal tersebut dikarenakan ada 2 faktor yang mempengaruhinya.

1. Kecemasan Sosial
Kecemasan sosial adalah perasaan tak nyaman dalam kehadiran orang-orang lain, yang selalu disertai oleh perasaan malu yang ditandai dengan kejanggalan/kekakuan, hambatan dan kecenderungan untuk menghindari interaksi sosial. (Dayakisni & Hudaniah, 2009).
Perasaan tidak nyaman dalam hubungan sosial dapat timbul dari berbagai sumber. Kemungkinan ini merupakan suatu reaksi yang dipelajari untuk menghadapi hubungan sosial yang tak menyenangkan, bisa karena masalah-masalah di masa lampau yang mendukung pada kecemasan sosial di masa selanjutnya. Bisa juga pola asuh dari orang tua yang terlalu memproteksi anaknya dalam bermain di luar pada masa kecilnya.

2. Kesepian
Seharusnya karena kita kesepian kan kita jadi ingin keluar jalan-jalan?. Sebelumnya saya akan menjelaskannya terlebih dahulu.
Kesepian adalah perasaan kurang memiliki hubungan sosial yang diakibatkan ketidakpuasan dengan hubungan sosial yang ada (Brehm & Kassin dalam Dayakisni & Hudaniah, 2009). Menurut Robert Weiss, ada dua jenis kesepian, yaitu :
  1. Isolasi sosial, yaitu seseorang yang menginginkan hubungan sosial tetapi tidak memiliki jaringan teman-teman atau kerabatt.
  2. Emotional isolation, seorang yang menginginkan suatu hubungan yang mendalam (intens), tetapi tidak memiliki hubungan dengan sedikit orang atau dengan satu orang secara mendalam.
Penting untuk disadari bahwa kesendirian (solitude) dapat sangat berbeda dengan kesepian. Kesendirian terjadi bila anda sendirian. Sama sekali tidak ada orang lain disekitar anda. Saat seperti itulah bisa terjadi kesendirian. Waktu yang dicurahkan untuk menyendiri bisa menjadikan hidup diperkaya dan kreatif, dan anda sama sekali tidak merasa kesepian.

Kesepian pada umumnya berkorelasi dengan kecemasan sosial dan depresi. Dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami kesepian, orang-orang yang mengalami kesepian lebih memiliki pendapat negatif tentang orang lain. Mereka juga kurang memiliki keterampilan sosial dalam interaksi dengan orang lain dan kurang responsif secara sosial, dan dalam beberapa kondisi orang yang mengalami kesepian menimbulkan reaksi-reaksi negatif dari orang lain.

Nah, setelah anda membaca artikel singkat tadi, anda sudah tahu bukan bahwa terdapat beberapa faktor sulitnya dalam hubungan sosial. Ada kah diantara kalian mempunyai teman seperti itu?.

Sumber :
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. UMM Press. Malang.

Popular Posts