4/29/2016

Tips Agar Judul Tulisanmu Menarik




Nggak Kunjung Menulis Karena Memikirkan Judul yang Menarik?. Ikuti Tips ini.

Terkadang membuat judul bisa menjadi lebih sulit dibandingkan menulis. Anda ingin nama novel Anda mencakup keseluruhan tema buku namun masih terdengar menarik.
Berikut enam tips untuk membantu Anda.

1. Memberi Nama Tempat
Saat Anda memikirkan judul pada novel Anda, pikirkan terlebih dahulu keseluruhan tempat dalam, cerita Anda. Apakah tempat itu yang memunculkan karakter utama?. Apakah cerita Anda mengenai seseorang yang bertemu di sekolah?. Apakah terdapat tempat yang berkesan dan penting dari cerita itu dan mempengaruhi karakter utama?. Jika ada maka Anda dapat memberi judul dengan nama tempat tersebut. Contoh : House of Night, Princess Academy, Mystic City.

2. Ekspresi yang Populer
Menggunakan frase atau ungkapan yang biasa dikenal adalah cara yang bagus untuk judul buku. Pastikan bahwa itu langsung berkolerasi dengan cerita Anda. Contoh : Along For The Ride, It's Kind Of A Funny Story, Dead Silence.

3. Kata yang Kontras
Pikirkan jalan cerita dan keseluruhan cerita pada novel Anda, dan temukan apakah terdapat kata kontras yang dapat digunakan. Menggabungkan dua frase kata dapat membuat judul novel Anda menarik. Contoh : Blood And Chocolate, Pretty Monsters And Wicked Lovely.

4. Arti Tersembunyi
Salah satu pilihan adalah untuk memiliki judul yang tidak akan sepenuhnya dipahami sampai novel itu telah dibaca. Mungkin memilih kutipan dari seseorang atau frase yang mencakup seluruh buku Anda. Setelah menyelesaikan membaca novel itu, judul akan memiliki arti baru bagi pembaca.
Contoh : If I Stay, I Am Number Four, Paper Town.

5. Menjelaskan Karakter
Apakah karakter Anda memiliki kekhasan yang unik?. Apa yang membedakan mereka dari kebanyakan orang?. Apakah mereka memiliki pakaian yang khas?. Salah satu pilihan untuk judul cerita adalah memberi nama sesuai karakter utama atau karakter penting yang ada dalam buku Anda.
Contoh : The Maze Runner, The Boy In The Striped Pajamas, The Book Thief.

6. Satu kata
Satu judul kata yang besar karena mereka mudah diingat. Jika Anda entah bagaimana bisa menentukan inti dari cerita Anda dengan hanya satu kata, maka Anda sudah mendapatkan judul itu.
Contoh : Matched, Fallen, Marked.

Sumber : diambil dari Line Fun 30 April 2016.

Popular Posts