3/27/2016

Tips Mengatasi Galau dan Badmood

Pernahkah Anda mengalami perasaan tersebut?. Kita kerap mempresepsikan dan mengambil kesimpulan bahwa galau adalah pertanda untuk sebuah pribadi yang labil dan lemah bukan?.

Perasaan galau dan badmood merupakan pintu awal menuju stress emosional. Apabila sudah memasuki tahap stres maka akan menyebabkan beberapa hal yakni:
  • Bau badan : Kelenjar apokrin yang merupakan kelenjar penghasil keringat ini sering meningkatkan produksi keringatnya ketika seseorang mengalami stres.
  • Sariawan : Penyebab munculnya sariawan karena perubahan hormonal. Apabila tubuh mengalami stres maka akan membuat asam lambung mengalami peningkatan dan akhirnya terkena tungkak lambung, namun tak hanya lambung yang akan terkena dampaknya pada daerah rongga mulut juga akan mengalami perubahan sel-sel dan mengakibatkan terjadinya sariawan.
Berikut cara mengatasi perasaan tersebut:

1. Membersihkan diri
Jika Anda sedang galau, sedih, atau apapun. Coba sempatkan bercermin dan bisa saja muka Anda menjadi kusam, berminyak, berkeringat, lengket, dll. Sehingga segeralah menuju kamar mandi untuk membersihkan diri, sikat gigi, ataupun sekedar cuci muka saja. Menjaga kebersihan tubuh tentunya merupakan hal yang paling penting karena selain menghilangkan keringat dan kotoran juga menghilangkan campuran bakteri yang bisa menimbulkan bau badan. Pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh bersih dari kotoran.

2. Mendekatkan diri kepada Tuhan
Mungkin dengan cara ini dilakukan berdasarkan dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Karena memang semua agama yang diyakini mengajarkan kita tentang cinta, kepercayaan, dll. Sehingga kita bisa merasakan ketenagan, nyaman, dan paling terjaga kerahasiannya jika curhat. Agama juga membantu menyadarkan Anda tentang rasa bersyukur dan membuat diri Anda sebenarnya adalah berharga.

3. Makan makanan favorit
Makanan yang banyak diminati salah satunya adalah coklat. Coklat mengandung zat theobromin yang memberikan efek tenang pada syaraf. Hanya saja coklat ini mengandung zat gula seperti manakan manis lainnya sehingga tubuh menjadi gemuk.

4. Bergabung dengan komunitas
Bercanda saat bersama teman adalah waktu yang pas untuk menghilangkan perasaan galau ataupun stres. Ditambah teman Anda mempunyai kesamaan dalam hobi sehingga mereka pastinya lebih mengenal Anda untuk masalah apa yang sedang dihadapi.

5. Berendam
Berendam merupakan salah satu cara ampuh. Berendam di pemandian air hangat salah satunya namun apabila di kota Anda belum atau tidak ada pemandian air hangat mungkin Anda bisa mencoba berendam di kolam renang. Pastikan Anda mengajak teman-teman Anda sehingga menjadi suasana yang tidak terkesan  sepi.

6. Jalan-jalan ke tempat favorit atau shoping
Cara satu di lakukan apabila Anda mempunyai uang yang memang disisikan untuk berbelanja. Anda juga bisa melakukan sekedar jalan-jalan ke tempat favorit tampa mengeluarkan uang. Berjalan menikmati setiap nuansa tempat favorit Anda sehingga perasaan galau berkurang.

7. Melakukan hobi
Nah, jika Anda sudah menemukan hobi yang tersembuyi, cobalah kembangkan dan lampiasakan perasaan Anda kedalam hobi tersebut. Misal: jika Anda mempunyai hobi menulis, Anda bisa menuliskannya kedalam buku diary. Anda juga dapat menyayikan lagu dan memainkan alat musik kemudian mengapload hal tersebut kedalam media sosial jika Anda memang mempunyai hobi musik.

Semoga bermanfaat!.
Kita kini erap buru-buru mengambil kesimpulan bahwa galau adalah pertanda untuk sebuah pribadi yang labil dan lemah. Padahal galau adalah kondisi psikologi yang manusiawi dan bisa dialami siapa saja.
kk
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wardhanahendra/hujan-dan-penjelasan-ilmiah-untuk-galau_5529b9316ea834a76f552cfe

Popular Posts