1/31/2016

Pink Beach

Apa yang keluar pada presepsi Anda jika mendengar kata "Pink Beach"?. Yah, pink beach atau lebih dikenal Pantai Tangsi merupakan pantai yang terletak di pulau Lombok. Berada di desa Sekaroh kecamatan Jerowaru kabupaten Lombok Timur. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai yang berwarna pink.


Selain di pulau Lombok, Anda juga dapat menemukan pasir pantai yang berwarna pink juga di Indonesia yakni di NTT atau lebih tepatnya di pulau Komodo. Pasti Anda berfikir bagaimana pasir pantai bisa berwarna pink seperti itu?. Jawabannya adalah warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercambur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink tersebut. Namun ada juga yang menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.


Kedua pantai (di Pulau Lombok dan di Pulau Komodo) tersebut memiliki suasana yang begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung disana. Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini terjaga keindahannya. Jadi silahkan anda memilih pink beach mana yang akan menjadi tujuan wisata Anda kali ini!.

Jika Anda berminat berkunjung pink beach yang berada di Pulau Komodo ini Anda dapat menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu. Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekitar 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang mendunia itu di habitat asli mereka dengan memilih jalur trekking tertentu.

Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di pink beach. Apabila Anda berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan hutan bakau, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam berjalan kaki sebelum akhirnya tiba di Pink Beach.

TIPS UNTUK KUNJUNGAN PINK BEACH di PULAU KOMODO
  • Tidak terdapat warung atau toko di sekitar Pink Beach, karenanya bawalah bekal makanan atau minuman, obat-obatan, sunblock, topi, kacamata hitam, dan perlengkapan lainnya yang sekira Anda butuhkan selama perjalanan wisata.

  • Bawalah pakaian ganti dan kenakan juga sepatu yang nyaman untuk trekking di kawasan Taman Nasional Komodo. Kebutuhan perlengkapan diving atau snorkeling dapat diperoleh di Labuan Bajo. Sebaiknya Anda tanyakan pada guide atau agen perjalanan Anda mengenai hal ini.

  • Berhati-hatilah saat berenang, berjemur, atau snorkeling di kawasan Pink Beach. Jika ada komodo yang berkeliaran di pantai, sebaiknya Anda berhati-hati atau menunda keinginan berenang. Komodo adalah hewan yang juga pandai berenang dan dikhawatirkan hewan ini dapat menyerang sewaktu-waktu. Saran saya jika Anda hendak berkunjung di pulau-pulau sekitar kawasan Pulau Komodo dan kawasan pantainya termasuk Pink Beach lebih baik Anda dikawal dengan jagawana (polisi hutan) atau guide berpengalaman.

  • Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai Pink Beach. Karena pantai ini masih terjaga kebersihan, keindahan, dan kealamiannya. Semoga generasi selanjunya dapat melihat dan merasakan keindahan pantai Pink beach ini.

Popular Posts