1/28/2016

Kunjungan ke Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu mengenai Gunung Bromo?. Gunung yang terletak di propinsi Jawa Timur ini cukup terkenal. Bahkan foto wisata alam ini sering Anda jumpai pada profile teman atau grub karena selain udara yang sejuk pemandangan puncak yang bagus.

Namun saat itu berbeda. Kami berkunjung kesana bukan untuk berwisata melaikan meneliti pengaruh sosial yang membuat warga setempat bisa tetap akur meski terdapat berbagai agama. Lebih tepatnya kami melakukan penelitian di Desa Tosari kecamatan Tosari di daerah lereng Gunung Bromo. Kecamatan Tosari ini berbatasan dengan wilayah Pasuruan, Probolinggo, dan Malang.

Setelah selesai acara kunjungan ke rumah warga

Kebetulan kelompok kami melakukan penelitian dengan mengambil tema tentang pola asuh keluarga setempat. Indikator pertanyaan mengenai pola asuh pun sudah kami siapkan. Banyak informasi menarik yang ada disini terutama perkawinan. Apabila seorang laki-laki yang mendapatkan pasangan dari suku tengger ini maka seorang laki-laki yang mempunyai kewajiban sebagai seorang suami tadi harus tinggal di sana meski dia bekerja di luar daerah Gunung Bromo sekalipun. Dengan begitu budaya suku tengger tidak terkikis oleh jaman. Ritual-ritual yang dilakukan disana pun masih dipegang teguh. Masyarakat di desa tosari juga ramah, begitu saat kami jumpai dan mereka rela meluangan waktu untuk ditanyai. Suasana damai dan tentram dapat kami rasakan ketika disana. Oh iya kawan, desa Tosari ini sangat menjunjung nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga banyak orang menyebut nama desa ini dengan istilah "desa pacasila".

 Di Kediaman warga desa tosari

Popular Posts