1/21/2016

Kebun Teh Wonosari Malang

Pada bulan yang lalu (lebih tepatnya di bulan Mei). Kebetulan pada hari itu adalah hari libur sehingga tidak mengganggu aktivitas dan pergi bersama-sama mengunjungi kawasan kebun teh yang terletak di daerah Malang.


Kebun ini sangat luas. Kira-kira mencapai 1144 hektar dan dibagi atas 3 bagian daerah. Kami yang hanya menikmati liburan sesaat hanya bisa beberapa mengambil foto. Karena memang hari esoknya kami harus kembali pada aktivitas masing-masing.


Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan mengambil gambar saat di sekitar kebun teh. yakni :
  1. Hati-hati jika anda berniat foto di sekitar pohon teh, karena terdapat hewan (Ulat bulu, Ular, Tikus, dll). Karena berdasarkan pengalaman, teman saya merasakan gatal sesudah pengambilan foto di sekitar daun-daun teh.
  2. Jagalah Kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan.
  3. Jangan merusak tanaman atau tumbuhan demi kepentingan pribadi seperti selfie atau semacamnya.
Untuk mengetahu sejarah kebun teh di malang ini saya mencoba memepersingkat penjelasannya. NV. Cultur Maatschappy, yaitu perusahaan asing asal belanda. Perusahaan inilah yang membuka kebun ini pertama kali pada tahun 1875. Kebun ini lalu di Tanami teh dan kina pada tahun 1910 sampai dengan 1942. Tetapi sejak tahun 1942 – 1945 kebun ini di jadikan lahan penanaman tanaman pangan seperti umbi, singkong dan lain sebagainya. Pada tahun kemerdekaan Indonesia yaitu tahun 1945 kebun ini di ambil alih oleh Negara dan di beri nama PPN ( Pusat Perkebunan Negara ). Pada tahun 1950 tanaman kina di ganti dengan teh. Pada tahun 1957 sampai tahun 1996 mengalami perubahan manajemen. Pada akhirnya pada tahun 1996 kebun ini di kelola PTP Nusantara XII. Dan di jadikan sebagai tempat pengelolaan kebun teh hingga saat ini.

Fasilitas yang tersedia disini juga sudah lengkap, ada kamar mandi, mushola, tempat beristirahat, penginapan, warung – warung untuk menyantap makanan sekaligus mencicipi the asli buatan kebun the ini. Ada juga tempat bermain dan wahana – wahana yang bisa anda kolam renang, lahan out bond, lahan camping, kereta kelinci, motor atv, flying fox, paint ball, bilyard, tenis meja, panjat tebing, sepeda air, kuda wisata, mobil baterai. Sayangnya liburan kami hanya sehari sehingga tidak bisa menikmati semua fasilitas itu.

Terima Kasih.

Popular Posts